A. Tujuan
B. Sasaran didik
C. Ketersediaan
D. Konteks penggunaan
2. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pemb media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah …
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan
sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran
3. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam …
A. Media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang
memiliki daya liput terbatas
B. Media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C. Media tradisional dan media berbasis TIK
D. Media dua dimensi dan media tiga dimensi
4. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai
seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih
media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal
ini. Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan
adalah …
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu
pengoperasian, biaya, ketersediaan, konteks penggunaan, dan mutu teknis
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan,
tujuan, misi visi sekolah, dan konteks penggunaan
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah,
dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan, dan
karakteristik media
5. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran adalah …
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang
berbasis TIK
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu
kegiatan pembelajaran
D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak
merepotkan
6. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan
tersebut adalah …
A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Membuat konkret konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam
lingkungan belajar
7. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja. Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut adalah …
A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar atau
candi
B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam
lingkungan belajar
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk
menjelaskan peredaran darah
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang
8. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah …
A. Book
B. Forum
C. Blog
D. E-portofolio
9. Seorang
guru sedang bergoogling atau membuka situs google untuk mencari informasi
mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pengertian
googling dalam istilah internet tersebut adalah …
A. Program mencari informasi
B. Program desktop publishing
C. Program untuk menjelajahi laman
D. Program penciptaan laman
10. Seorang
guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul
dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari
(search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah …
A. www.gmail.com
B. www.google.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com
11. Saat
kita akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan
aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah
satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah …
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com
12. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar,
dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah …
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C. Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
13. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah …
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft PowerPoint
D. Microsoft Desktop Publishing
14. Tools
pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah
satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran. Fitur
moodle ini adalah …
A. Quiz
B. Page
C. Lesson
D. Blog
15. Dalam
pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran
elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah
…
A. Penulis konten (content writer)
B. Penata grafis (design grafis)
C. Perancang pembelajaran (course design)
D. Pemrogram komputer (computer programmer)
Semangat belajar dan semoga bermanfaat :)
No comments:
Post a Comment